Pic By: mudazine.com |
Kreatifitas memang tak ada matinya itulah yang menjadi ide awal terbentuknya badan ekonomi kreatif (Bekraf). Berkembangnya teknologi ternyata membuka peluang usaha baru yang sangat potensial apabila dikelola dengan baik. Teknologi adalah alat atau fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk sarana penunjang aktivitas manusia, disamping itu teknologi merupakan hasil dari berkembangnya ilmu pengetahuan yang sekaligus merupakan kemajuan peradaban manusia.
Sebelumnya teknologi juga lahir dari kreatifitas dalam hal ini imajinasi, semua teknologi yang dicitakan itu memang pada awalnya hanya sebuah imajinasi lalu kemudian diciptakan dalam kenyataan melalui ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia.
Check it now:
- Bersiaplah menyambut Revolusi industri 4.0
- Era baru koneksi jaringan internet 5G, Indonesia apa kabar?
- Siap-siap memasuki era smart city, Indonesia dan 100 kota cerdas.
Begitupun bisnis, manusia sudah mengenal berdagang sejak zaman barter atau zaman dimana manusia bertransaksi dengan menukarkan suatu barang yang tidak menjadikan nilai ekonomi sebagai penentu terhadap suatu barang yang diinginkannya, skema penentu dari aktivitas barter adalah nilai manfaat suatu barang dan bukan berdasarkan nilai ekonomi suatu barang.
Nah di indonesia sendiri saat ini akan memasuki fase yang disebut bonus demografi atau dimana penduduk usia produktif lebih mendominasi sehingga apabila tidak diklola dengan baik tentu akan menciptakan ketimpangan yang lebih dalam, bahkan saat inipun ketimpangan terutama dalam ekonomi telah terjadi dimana pengangguran semakin meluas akibat peluang pekerjaan yang semakin sempit. Jika ini dibiarkan maka ketimpangan akan semakin parah dan dampaknya adalah kekacauan ekonomi, sosial dan politik dalam negara. Terlebih saat ini kita telah merasakan adanya kesenjangan antara si kaya dan si miskin yang semakin tak dapat dielakkan.
Berawal dari latar belakang inilah pemerintah pusat telah melakukan suatu upaya yang diyakini dapat menjadi solusi agar masalah ketimpangan dan kesenjangan ekonomi ini tak semakin meluas melalui wadah yang dinamai Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf. Program ini sebenarnya lebih menyasar kepada kaum melenial karena milenial adalah potensi sekaligus generasi muda produktif, untuk itu milenial harus disediakan ruang untuk mengembangkan potensinya.
Apa itu Bekraf, apa fungsinya?
Agar lebih paham saya sarankan silahkan buka link ini Bekraf.go.id. Sudah?
Beradasarkan informasi yang tertera dalam website tersebut, Bekreaf adalah wadah yang memfasilitasi terciptanya ekosistem ekonomi kreatif yang efisien dan kondusif. Seperti uraian diatas, bahwa teknologi adalah suatu fasilitas yang dapat membantu menunjang aktivitas manusia. Lalu peran Bekraf disini ialah menjadi badan yang memiliki tanggungjawab dalam perkembangan ekonomi kreatif di indonesia. Usaha ini selain ditujukan untuk menyalurkan kreatifitas menjadi peluang bisnis juga dapat ditujukan untuk menekan angka pengangguran di indonesia. Untuk informasi mengenai kreatifitas apa saja yang bisa disalurkan melalui Bekraf, dalam websitenya terdapat enam belas subsektor yang menjadi tanggungjawabnya, diataranya adalah:
- Aplikasi dan Pengembang Permainan
- Arsitektur
- Desain Interior
- Desain Komunikasi Visual
- Desain Produk
- Fashion
- Film, Animasi, dan Video
- Fotografi
- Kriya
- Kuliner
- Musik
- Penerbitan
- Periklanan
- Seni Pertunjukan
- Seni Rupa
- Televisi dan Radio
Dari keenam belas subsektor itu kira-kira mana sih yang menurutmu cocok dengan pasion kamu?
Coba deh mana kira-kira kriteria mu yang masuk dalam subsektor diatas, jadi misalnya kamu hobby gambar / melukis bisa kok dikembangkan lagi. Atau kalau kamu suka musik dan bisa nyanyi silahkan ditekuni, suka nulis cerpen, novel, esai, atau blog jangan lupa dilatih terus ya:)
Jika memang tertarik dan memiliki potensi dari ke 16 subsektor diatas, maka bisa langsung mendaftar di Bekraf agar dapat dikembangkan lebih jauh lagi. Setiap orang pasti memiliki potensi diri, dan potensi itulah yang harus dikembangkan. Kalau soal kreatifitas udah pastilah anak muda jagonya :v
Kreatif adalah pembeda, kreatif itu ciri khas, dan ada orang bilang kreatifitas itu tanpa batas. Karena setiap orang punya kreasi sendiri dan itulah yang menjadi nilai jual. Untuk itu jika terdapat potensi yang bisa dikembangkan terutama yang masuk dalam 16 sektor diatas, jangan ragu untuk di follow up alias ditindak lanjuti. Oke ya :)
♫ Milenial itu jiwa muda yang kekinian, cerdas, dan kreatif. Semangat adalah jiwanya, dan yang paling penting adalah mau menerima tantangan dan berani tampil dengan gaya yang berbeda.
-Ky